Syarat Dan Ketentuan Umroh

Rukun Sunnah Dan Wajib Umroh

Umroh adalah ibadah suci yang pelaksanaannya di kota suci mekkah dengan syarat dan ketentuan sudah ditetapkan didalam Alquran dan Alhadist. Syarat wajib umroh ialah sebagai berikut: Agama Islam, Baligh, mampu, Merdeka dan berakal. Ibadah umroh tidak sah apabila dilaksanakan oleh orang yang kafir dan gangguan kejiwaan.

kemudian dijelaskan bahwa rukun umroh ada tiga antara lain: berihram, tawaf, sai, yang ketiga tersebut harus dilaksanakan apabila salah satu rukun ditinggalkan maka ibadah umroh tidak sah. Selain mengenai rukunnya ibadah umroh juga ada dua hal yang wajib dikerjakan yaitu memakai ihram dari miqot dan mencukur rambut.

Umroh dalam hal ini tidak hanya berpatokan pada kemampuan materi, meskipun ibadah yang bersifat Sunah perlu jamaah umroh dakwah wisata ketahui, tetapi juga harus dilaksanakan dengan bersungguh-sungguh sesuai dengan rukun serta syarat yang sudah ditentukan.

Ibadah umroh sebuah ibadah yang membutuhkan pengorbanan dan perjuangan yang tidak gampang. Dalam mewujudkan untuk melaksanakannya, kita harus mempersiapan mental, harta, tenaga dan waktu. Apabila belum mampu diantara salah satu hal tersebut, maka Ibadah ke baitullah bisa jadi hanyalah sekedar impian semata.

Mungkin kita pernah mendengar dari pengalaman yang pernah melaksanakan ibadah umroh mereka dihambat oleh faktor-faktor berbeda, sehingga ibadah mereka jadi tidak mabrur. Banyak yang punya kemampuan untuk berumroh tapi perjalanannya akhirnya hanya menjadi sebuah tour wisata semata sehingga tidak mendapat pahala ibadah umrohnya.

Kejadian ini pastinya tidak kita inginkan, sebagai tamu Allah kita berharap untuk mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda, dan menjadi umroh yang mabrur. Semoga kita selalu dalam koridor yang di ridhoi dan penuh rahmat, supaya amal dan ibadah kita diterima Allah SWT, Aamiin.