Pengertian Dan Sejarah Al-Hijas

Pengertian Al-Hijas

Al Hijas dengan kata lain Hejas, Hedjaz kemudian dimaknai kedalam bahasa Arab: al-Ḥigas, bermakna pembatas. adalah wilayah yang terletak disebelah barat laut Saudi; beribukota Jeddah, tetapi wilayah ini lebih dikenal sebagai kota suci Mekkah dan Madina.

Hijaz sebagai wilayah yang tidak lepas dari sejarah Islam, karena menjadi salah satu wilayah dan tempat suci agama Islam yang mempunyai kepentingan dalam perkembangan politik Islam. Pada abad ke 20 dibawah kekuasaan Kerajaan Mesir (Ottonam) dengan pergulatan politik yang hingga provokasi pembrontakan terlalui hingga terbentuknya negara Arab saudi.

Sebagai Umat Islam yang taat tentu saja kita tidak lepas dari sejarah penting tentang Islam. Tentu saja dari peristiwa yang pernah terjadi di tanah suci menambah nuansa sejarah bagi parah jamaah yang ingin beribadah ke Mekkah. Jamaah umroh sudah pasti tujuan utamanya adalah beribadah mendekatkan diri kepada sang Pencipta akan tetapi, selain beribadah para jamaah tidak ingin melewatkan nuansa keindahan dan sejarah kota suci.

Seseorang yang beriman dan meyakini bahwa Agama sebagai jalan hidup tidak hanya mempercayai sebagai dokmah semata, akan tetapi juga meyakini sebuah akal pikiran, yang tentu saja sesuai dengan ilmu pengetahuan. Mempelajari sebuah sejarah tentu saja kita akan mengetahui dan meyakini bahwa hal tersebut benar-benar terjadi dan sungguh masuk dalam akal pikiran kita. Semoga kita semua mendapatkan kesempatan beribadah ketanah suci bersama dakwah wisata