Pelaksanaan Manasik Umroh

Manasik Umroh

Sebelum melakukan perjalan umroh ke tanah suci, ada kebiasan yang akan dilakukan oleh pihak travel umroh. Dimana akan diadakan pertemuan untuk membahas segala hal persiapan yang bersangkutan proses pelaksanaan ibadah umroh. Hasil dari pertemuan tersebut salah satunya adalah tentang manasik umroh. Manasik sebuah proses pelatihan tentang tata cara pelaksanaan umroh sebagaimana hal yang akan dilakukan pada saat ibadah umroh di tanah suci (Mekkah).

Pada saat pelaksanaan proses manasik umroh biasanya biro jasa travel umroh tidak memungut biaya tambahan kepada calon jamaah. Proses pelaksanaan manasik umroh akan dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dari pihak travel umroh dakwah wisata. Dalam hal pelaksanaan proses manasik umroh tersebut maka akan dipaparkan sebagai berikut:
  1. Tata cara menggunakan ihram wajib dikenakan oleh laki-laki dan dalam berpakain ihram laki-laki tidak dianjurkan memakai pakaian dalam. Kemudian ihram tersebut berupa dua helai kain berwarna putih dan tidak boleh berjahit.
  2. Cara melakukan tawaf atau mengelilingi kabah sebanyak tujuh kali dan proses bagaimana menghitungnya ketika disertai membaca doa.
  3. Tata cara Sai adalah lari-lari kecil antara bukit shafa dan marwa, melakukan Rukun Sa`i di bukit Marwa, Jamaah mengguting rambut minimal tiga helai rambut (melakuakan Tahalul). Sai adalah kegiatan kita berarti untuk merasakan semangat dan perjuangan siti hajar dan Nabi Ismail ketika itu tengah berada di padang pasir tanpa membawa perbekalan makan dan minuman. Karena kebingungan Ismail kecil menangis karena kehausan, maka berlarilah Siti Hajar kesana-kemari untuk mencari mata air yang bisa untuk diminum. Berlarilah siti Hajar diantara bukit shafa dan bukit marwa. Kemudian nabi Ismail menginjak-injakan kakinya ke tanah kemudian munculnya sumber air yang dengan kebesaran Allah maha pengasih lagi maha penyayang dengan mengutus malaikat jibril. Mulai saat itu hingga saat ini mata air tersebut dikenal dengan sumur zam-zam. Makna yang terkandung dari Sai adalah gambaran seorang mukmin yang tidak putus asa dari tali Allah meskipun sedang mengalami kesulitan.
  4. Suntik meningitis adalah suntik Vaksin radang selaput pelindung sistem syaraf otak. peyakit ini diakibat oleh penularan bakteri lewat udara. Pada saat proses melakukan ibadah umroh di tanah suci tentu saja kita akan bersinggungan dengan banyak manusia dari berbagai belahan dunia. Beberapa negara yang yang endemis meningitis yaitu negara Afrika, negara bagian Amerika Utara, negara bagian Amerika Latin.
Dengan rentetan proses manasik umroh yang diselenggarakan oleh biro umroh dakwah wisata, maka calon jamaah bisa mengerti dan paham ketika proses pelaksanaan ibadah umroh di tanah suci nantinya. Ketika dalam pelaksanaan tidak adanya kepanikan calon jamaah untuk proses pelaksanaan ibadah tersebut, Sehingga tercapailah umroh yang mabrur, Insha Allah.